Home » Kesehatan » Persiapan Ketika Tanda-tanda persalinan sudah Ada

Persiapan Ketika Tanda-tanda persalinan sudah Ada

Friday, October 6th 2017. | Kesehatan

Kebanyakan ibu hamil akan menjalani persalinan ketika usia kehamilan sudah mencapai 39 hingga 41 minggu. Namun, meskipun belum mencapai usia kehamilan tersebut, bunda sangat disarankan untuk melakukan persiapan bahkan untuk hal yang kecil sekalipun. Hal ini karena ketika persalinan, bunda sudah tidak akan direpotkan dengan hal kecil seperti baju ganti atau baju bayi karena semua sudah dipersiapkan. Selain itu kondisi dan usia kehamilan setiap orang bisa berbeda-beda. Selain melakukan persiapan, bunda juga harus mengetahui tanda-tanda persalinan agar bisa mejalani proses melahirkan dengan lancar dan selamat.

Persiapan Ketika Tanda-tanda persalinan sudah Ada

Semua bunda pasti ingin melalui persalinan yang tenang, lancar, dan tanpa halangan. Bila persiapan kurang matang, bunda akan merasa cemas dan tidak tenang selama persalinan. Nah, berikut ini beberapa persiapan persalinan yang bisa dilakukan ketika tanda tanda persalinan sudah dirasakan.

Menyiapkan tempat persalinan – jauh-jauh hari sebelum persalinan, biasanya bila kehamilan sekitar 7 bulan, sebaiknya bunda sudah memilih tempat bersalin. Pilihlah rumah sakit atau rumah bersalin yang jarak tempuhnya tidak terlalu jauh dari rumah sehingga ketika tanda persalinan sudah dirasa, bunda tidak perlu berkendara jauh. Beberapa rumah sakit bahkan mempunyai fasilitas reservasi kamar yang bisa dilakukan jauh hari sebelum persalinan. Hal ini karena ada beberapa bunda hamil yang mengalami kondisi psikis memburuk karena ruangan bersalin yang tidak sesuai harapan.

Buat persiapan – persiapan ibu dan bayi tidak kalah penting ketika mempersiapkan persalinan. Bunda bisa mempersiapkan perlangkapan bayi termasuk baju, popok, dan lain sebagainya sekitar 4 minggu sebelumnya. Kemas perlengkapan bayi dan bunda dalam satu tas yang mudah untuk dibawa. Jadi ketika hendak melahirkan, bunda sudah tidak risau lagi dengan urusan packing.

Persiapan mental – setelah memilih tempat bersalin dan mempersiapkan perlengkapan, bunda juga harus mempersiapkan kondisi mental. Bunda bisa memilih proses persalinan yang diinginkan dan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Selain itu, bunda juga jangan melupakan dukungan dari suami dan keluarga. Berkomunikasilah dengan suami dan keluarga tentang proses persalinan yang akan dijalani agar bunda tidak merasa sendiri dan cemas. Dukungan orang terdekat seperti suami dan keluarga sangat penting menjelang persalinan.

Pahami tanda persalinan – satu hal yang harus bunda pahami adalah tentang tanda persalinan. Bunda bisa mencari informasi di Wyeth Parenting tentang tanda persalinan. Meskipun tanda persalinan bisa berbeda dari satu orang dan lainnya, tapi bisa bunda jadikan acuan agar bisa memahami tanda yang muncul. Biasanya tanda kehamilan yang sudah dekat adalah adanya kontraksi, bayi sudah turun kepanggul, keluar lendir dan darah, serta meningkatkan intensintas berkemih. Bunda juga bisa bertanya pada ibu atau teman tentang tanda persalinan untuk memperkaya informasi.