Home » Anak » Mungkinkah bayi anda alergi minyak telon?

Mungkinkah bayi anda alergi minyak telon?

Tuesday, September 26th 2017. | Anak

Mungkinkah bayi anda alergi minyak telon

Pada dasarnya minyak telon memiliki berbagai manfaat yang dibutuhkan oleh bayi dan anak anak, Namun beberapa dari mereka mengalami alergi terhadap minyak telon. Ciri ciri dari alergi minyak telon sendiri biasanya ditandai dengan kulit bayi yang memerah setelah di olesi minyak telon, dibeberapa kasus kulit bayi menjadi kasar dan mengelupas setelah diolesi minyak telon. Alergi ini dapat terjadi karena beberapa bayi memiliki kulit yang sensitive sehingga menimbulkan efek alergi ketika diolesi minyak telon.

Lalu hal apa yang harus dilakukan?

Seperti halnya penanganan pada alergi yang lain, hal pertama yang bisa anda lakukan adalah menghindarkan bayi dari hal-hal yang mengakibatkan alergi, dalam hal ini adalah minyak telon. Memang pada beberapa kasus mengganti merek minyak  telon lain merupakan salah satu solusi agar si kecil tetap dapat menggunakan minyak telon. Hal ini dikarenakan setiap minyak telon memiliki komposisi racika yang berbeda-beda. Ketika bayi masih mengalami alergi akan lebih baik anda menyetop terlebih dahulu penggunaan minyak telon.

Bagi anda yang bleum pernah memberikan minyak telon kepada bayi anda, dan anda juga tidak mengetahui apakah bayi anda mengalami alergi atau tidak. Ketika ingin memakaikan minyak telon kepada bayi anda baiknya anda memberikan sedikit olesan minyak telon terlebih dahulu kemudian biarkan untuk beberapa saat. Apabila tidak timbul gejala alergi pada bayi anda bisa melanjutkan pemakaian minyak telon tersebut. Namun apabila muncul reaksi alergi anda bisa menghentikan penggunaan minyak telon tersebut.

Lalu apakah tidak masalah apabila bayi tidak diberikan minyak telon?

Beberapa orang memang mengatakan bahwa penggunaan minyak telon tidak penting bagi bayi karena bayi – bayi diluar negeri pun tidak menggunakan minyak telon. Seperti yang kita tahu bahwa minya telon yang merupakan campuran dari 3 bahan alam ini merupakan warisan dari nenek moyang kita. Karena itulah wajar apabila para bayi diluar negeri tidak diberikan minyak telon.

Minyak telon bayi sendiri memiliki manfaat untuk menghangatkan, mencegah terjadinya perut kembung dan menghindarkan dari gigitan nyamuk. Berbagai manfaat ini memang dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia yang hidup di daerah tropis yang mengalami perubahan suhu yang cukup signifikan. Pada siang hari daerah tropis cenderung memiliki suhu yang panas sedangkan malam hari bersuhu dingin.

Demikian sedikit info dari kami, semoga bermanfaat 🙂

tags: ,