Home » Anak » Kontroversi dalam pengasuhan bayi yang perlu bunda tahu

Kontroversi dalam pengasuhan bayi yang perlu bunda tahu

Tuesday, September 26th 2017. | Anak

Kontroversi dalam pengasuhan bayi yang perlu bunda tahu

Sebenarnya saat ini masih banyak perdebatan oleh beberapa orang tua tentang pengasuhan bayi. Namun bagaimanapun juga anda harus menyikapi dengan benar dan tepat. Berikut kami sampaikan ulasan tentang berbagai kontroversi tersebut.

  1. MPASI untuk bayi dibawah usia 6 bulan

Pemberian MPASI pada usia dibawah 6 bulan kini masih menjadi kontroversi. Pada laman idai.co.id Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menjelaskan bahwa pada 6 bulan pertama kehidupan bayi, Asi sudah memenuhi kebutuhan nutrisinya. Namun setelah berusia di atasĀ  6 bulan Bayi mulai boleh diberikan sumber nutrisi selain ASI. Karena pada usia tersebut nutrisi dari ASI saja sudah tidak cukup memenuhi kebutuhan energy dan nutrisi bayi. Sementara apabila MPASI diberikan sebelum bayi berusia 6 bulan dapat berakibat menurunkan frekuensi dan intensitas isap. Selain itu pemberian MPASI terlalu dini juga bisa menimbulkan kolik usus pada bayi.

  1. Pemberian madu untuk bayi

The American Academy of Pediatrics menyaran agar madu tidak diberikan pada anak dengan usia dibawah 1 tahun. Mereka mengatakan madu dapat menyebabkan penyakit botulisme yakni keracunan makanan yang sangat serius. Hal ini dikarenakan pada penelitian menyebutkan, madu mengandung bakteri clostridium botulinum. Sedangkan Bayi dengan usia dibawah 1 tahun belum cukup kuat menoleransi bakteri tersebut .

  1. Vaksin MMR dapat menyebabkan autism

Dr. Andrew Wakefield dari Royal Free Hospital and School of Medicine, London menyatakan bahwa Vaksin MMR menyebabkan gangguan sistem pencernaan dan penyerapan nutisi sehingga dapat menggangu perkembangan otak anak dan mengakibatkan autis. Hal ini dibantah dari berbagai pihak karena sample yang ia teliti sangat sedikit yaitu 12 anak dan tidak mewakili populasi. Sedangkan vaksin yang dipasarkan di Indonesia telah dievaluasi dari segi efektivitas, mutu dan keamanan oleh Komite Nasional Penilaian Obat Jadi dan mendapatkan izin edar. Vaksin MMR sendiri bermanfaat untuk mencegah penyakit gondongan, rubella dan campak yang merupakan penyakit berbahaya. Apabila anda masih ragu, anda bisa berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan informasi lebih detail perihal Vaksin MMR.

Demikian beberapa uraian perihal kontroveris seputar pengasuhan bayi yang bisa anda jadikan referensi dalam mengasuh bayi. Semoga bermanfaat ya bunda.

tags: ,