Home » Rumah » Instalasi Air Pada Rumah

Instalasi Air Pada Rumah

Tuesday, September 26th 2017. | Rumah

tangki airApa itu instalasi air atau instalasi pengolahan air? Instalasi pengolahan air atau yang biasa disebut juga sebagai Water Treatment Plant merupakan suatu rangkaian peralatan yang bekerja saling berkaitan mengolah air baku menjadi air yang aman dikonsumsi. Tanpa instalasi pengolahan air, tentunya air di rumah banyak terkontaminasi oleh bakteri-bakteri yang merusak tubuh manusia apalagi jika digunakan untuk dikonsumsi.

Rangkaian peralatan tersebut sengaja dibuat untuk mempermudah operator dalam mengaplikasikan teknik pengolahan air hingga hasil produksi air dapat maksimal dan kualitas dapat terjaga secara keseluruhan. Beberapa perlengkapan instalasi air di luar maupun di dalam rumah yang penting diantaranya adalah sumur, pompa, toren, radar, dan lain-lain

Peralatan Instalasi Pengolahan Air Rumah

  1. Pompa

Untuk mendapatkan air yang bersih, tentunya anda juga harus menggunakan pompa yang juga bersih. Pompa sedot harus dibersihkan secara berkala atau teratur sehingga perkembangan karat dan kuman penyakit dapat terhambat bahkan tidak ada.

  1. Sumur

Sumur merupakan instalasi yang bisa disebut paling penting. Sumur yang sehat akan menghasilkan air yang sehat pula. Oleh karena itu harus dilakukan pembersihan pada sumur semaksimal mungkin. Pemasangan sumur juga tetap harus memperlihatkan aspek-aspek geologis atau kesipilan agar air tanah yang didapat ekonomis atau mencukupi kebutuhan rumah tangga sehari-hari.

  1. Torrent

Torren merupakan pengumpul air hasil dari pompa sedot yang berfungsi dalam memperkaya kandungan oksigen di dalam air. Air tanah sebelum di olah mempunyai kadar oksigen yang sangat minim, namun dalam penampungan air dalam toren, oksigen di udara akan mengikat air. Mengingat toren merupakan tempat yang cukup lembab, jangan heran jika nantinya akan ditumbuhi lumut apabila tidak dibersihkan. Oleh karena itu, selalu bersihkan toren dari lumut sebelum mengkontaminasi air anda.

  1. Radar

Radar adalah peralatan instalasi air yang berfungsi untuk menjaga permukaan air di dalam toren agar tidak keluar ketika sudah penuh. Secara otomatis radar akan mematikan pompa sedot ketika air di dalam toren sudah penuh atau mencapai ketinggian tertentu (sesuai pengaturan anda)