Home » artikel » Cara Kerja Fiber Optic

Cara Kerja Fiber Optic

Wednesday, August 16th 2017. | artikel, tips

fiber opticFiber optic mengacu pada teknologi yang terkait dengan transmisi data menggunakan pulsa cahaya yang berjalan bersama dengan serat panjang, biasanya terbuat dari plastik atau kaca. Transmisi menggunakan komunikasi fiber optic lebih disukai menggunakan kabel logam karena sinyal mampu melakukan perjalanan dengan sedikit kerugian. Fiber optic juga tidak terpengaruh oleh gangguan elektromagnetik. Kabel fiber optic menggunakan aplikasi Total Internal Reflection of light.

Serat dirancang sedemikian rupa sehingga memudahkan propagasi cahaya di sepanjang fiber optic tergantung pada kebutuhan daya dan jarak transmisi. Serat mode tunggal digunakan untuk transmisi jarak jauh sementara serat multimode digunakan untuk jarak yang lebih pendek. Lapisan luar fiber optic membutuhkan perlindungan yang lebih baik daripada kabel logam.

Bagaimana Fiber Optic Bekerja?

Fiber optic bekerja berdasarkan prinsip refleksi internal total. Sinar cahaya dapat digunakan untuk mengirimkan sejumlah besar data tapi ada masalah di sini … sinar cahaya bergerak dalam garis lurus. Jadi, kecuali kalau kita memiliki kawat panjang lurus tanpa tikungan sama sekali, memanfaatkan keuntungan ini akan sangat membosankan. Sebagai gantinya, kabel optik dirancang sedemikian rupa sehingga mereka membengkokkan semua sinar cahaya ke dalam (menggunakan TIR). Sinar cahaya terus menerus meluncur dari dinding fiber optic dan mentransmisikan data ujung ke ujung. Meskipun sinyal cahaya menurun pada jarak yang akan berjalan, tergantung pada kemurnian bahan yang digunakan, kehilangan jauh lebih sedikit dibandingkan dengan menggunakan kabel logam.

Sistem Relay Fiber Optic terdiri dari komponen berikut

  1. The Transmitter – Ini menghasilkan sinyal cahaya dan mengkodekannya agar bisa dikirim
  2. Fiber optic – Media untuk mentransmisikan pulsa cahaya (sinyal)
  3. Penerima Optik – Ini menerima pulsa cahaya yang ditransmisikan (sinyal) dan memecahkan kode yang sesuai untuk digunakan
  4. Regenerator Optik – Diperlukan untuk transmisi data jarak jauh

Keuntungan menggunakan Optical Fiber Communication

  • Ekonomis dan hemat biaya
  • Tipis dan tidak mudah terbakar
  • Kurang konsumsi daya
  • Sedikit degradasi sinyal
  • Fleksibel dan ringan
tags: