Home » Bisnis » 4 Cara Efektif untuk Meningkatkan Jumlah Pelanggan

4 Cara Efektif untuk Meningkatkan Jumlah Pelanggan

Friday, September 8th 2017. | Bisnis

Ini diluar keraguan bahwa mendatangkan pelanggan baru selalu sangat menantang bagi pemasar. Sebagian besar waktu, pemasar menjadi sangat sibuk untuk menghadiri pelanggan baru yang tidak sadar, mereka mulai mengabaikan yang lama! Akibatnya, ketika akhirnya mereka mencapai beberapa pengguna baru, tidak berhasil mempertahankan yang lama! Ini adalah lingkaran setan. Berikut adalah beberapa laporan survei berguna yang akan membantu Anda untuk memahami situasinya dengan lebih baik.

Biasanya, ketika Anda menargetkan pengguna baru atau pelanggan, tingkat konversi sekitar 1 sampai 3 persen. Di sisi lain, untuk pelanggan berulang, skenarionya sangat berbeda. Persentase tingkat konversi meningkat hampir 60 sampai 70 persen. Yang lebih menarik lagi, hampir 40 persen dari keseluruhan pendapatan sebuah toko online datang melalui 8% pembeli yang ada.

4 Cara Efektif untuk Meningkatkan Jumlah Pelanggan

Oleh karena itu, Anda dapat dengan mudah memahami pentingnya menjaga agar pelanggan tetap Anda bahagia dan puas. Berikut adalah daftar 4 cara efektif untuk meningkatkan tingkat retensi pelanggan dalam bisnis eCommerce online.

  • # 1 Tunjukkan Kesetiaan kepada Pengguna Anda

Ketika pelanggan membeli dari Anda, bukankah Anda pikir Anda harus menawarkan beberapa hadiah loyal kepada mereka sehingga mereka dapat menikmati belanja mereka lebih banyak lagi? Salah satu cara untuk menunjukkan cinta kepada pelanggan Anda adalah dengan memberi mereka penawaran eksklusif. Ini tidak seperti pelanggan yang selalu mengunjungi situs Anda. Jadi, bagaimana mereka akan tahu tentang diskon dan penawaran? Anda harus mengirimkan pemberitahuan dengan cara yang bijaksana. Hal menjadi lebih baik saat Anda mengirim pemberitahuan yang dipersonalisasi kepada pelanggan Anda.

Sebagai contoh, Anda dapat menawarkan diskon khusus kepada pelanggan Anda pada ulang tahun atau hari ulang tahun mereka bersama dengan pesan keinginan yang bagus. Ini mengejutkan cara yang sangat efektif untuk meningkatkan tingkat retensi pelanggan.

  • # 2 Gunakan Platform Media Sosial dengan Taktis

Teknologi berkembang pesat setiap harinya dan di era teknologi saat ini, Anda tidak menyadari popularitas platform media sosial yang sangat besar. Orang-orang dari berbagai belahan dunia tetap terhubung satu sama lain melalui platform media sosial ini. Sekarang, yang dapat Anda lakukan adalah mempromosikan merek Anda dengan bijaksana di platform besar ini yang menjangkau khalayak luas sekaligus! Jika Anda menggunakan ini dengan benar, tetap terhubung dengan pelanggan Anda dan berinteraksi dengan mereka menjadi lebih lancar dan efisien. Lebih penting lagi, menggunakan hubungan sosial seperti itu bersama dengan integrasi yang mudah dari hal-hal yang dapat dibagikan, merek Anda menjadi populer di antara teman-teman pelanggan Anda. Ini tidak diragukan lagi cara yang mengesankan untuk meningkatkan tingkat konversi.

  • # 3 Berkomunikasi dengan efisien

Saat berkomunikasi dengan pelanggan Anda, jadilah agak hati-hati agar tidak terdengar seperti “spam”! Cara efektif untuk berkomunikasi dengan pelanggan adalah – ‘push notification’. Namun, coba tambahkan sedikit sedikit personalisasi dengan notifikasi Anda. Jika tidak, pengguna hanya akan mengabaikan notifikasi push Anda yang menganggapnya sebagai spam. Apalagi, agak jorok soal waktu mengirim notifikasi push.

Misalkan Anda menjalankan bisnis restoran dan mengirim pemberitahuan pelanggan Anda tentang ketersediaan kupon makan siang khusus selama tengah malam! Apakah ini tampak logis sama sekali?

  • # 4 Menawarkan Metode Pembayaran Mudah

Semakin banyak pilihan pembayaran yang Anda tawarkan kepada pelanggan Anda, semakin banyak orang merasa nyaman berbelanja dari toko online Anda. Misalkan toko online Anda hanya memiliki satu metode pembayaran. Maka Anda akan kehilangan semua pelanggan, yang tidak memiliki fasilitas untuk melakukan pembayaran melalui metode tertentu. Dengan demikian, memberikan lebih banyak pilihan pembayaran secara otomatis akan meningkatkan kemungkinan tingkat konversi.

Tip penting lainnya adalah tidak menggunakan terlalu banyak gangguan di halaman checkout. Dianjurkan untuk tetap bersih dengan desain minimal sehingga pelanggan bisa dengan mudah mengerti apa yang harus mereka lakukan selanjutnya untuk menyelesaikan proses pembelian.

Terlepas dari semua hal yang disebutkan di atas, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengambil pendekatan filantropi sambil berkonsentrasi untuk meningkatkan tingkat retensi pelanggan. Hal penting lain yang perlu diingat adalah Anda sebaiknya tidak membuat proses checkout terlalu rumit. Menurut beberapa laporan survei, hampir 68% pelanggan meninggalkan halaman checkout tanpa menyelesaikan proses pembelian! Ini benar-benar membuat frustrasi para pemilik bisnis. Oleh karena itu, saat merancang halaman checkout, berhati-hatilah terhadap hal-hal yang Anda minta agar pelanggan Anda update database Anda. Jaga agar seluruh prosesnya sederhana dan singkat dan jelas, user-friendly.